Prof. Wagiono Ismagil, (1982) mengatakan :
Pendekatan sistem adalah suatu
pendekatan analisis organisasi yang mempergunakan ciri-ciri sistem sebagai titik tolak analisis.
Pendekatan sistem merupakan aplikasi dari
sistem ilmiah dan manajemen.Pendekatan sistem dalam manajemen dirancang untuk
memanfaatkan analisis ilmiah dalam suatu organisasi yang kompleks.
Pendekatan dilihat dari pendidikan dan pelatihan adalah cara yang sistematis mengidentifikasi , mengembangkan
dan mengevaluasi sekumpulan bahan dan strategi bertujuan untuk mencapai tujuan
pendidikan yang khusus. Jadi Pendakatan
sistem adalah cara pandang atau cara berfikir menggunakan konsep-konsep sistem
dalam memecahkan suatu masalah.
· Tujuan Pendekatan Sistem
Tujuan
pendekatan sistem dalam pendidikan dan pelatihan sistem adalan mengembangkan mengelola operasi dan merancang bangun sistem
dalam proses pengambilan keputusan.
Dengan dipergunakannya metode ilmiah diharapkan dapat diketahui
faktafakta yang mempengaruhi perilaku
dan keberhasilan suatu sistem. Metode ilmiah dapat menghindarkan manejer mengambil
kesimpulan –kesimpulan yang sederhana dan simplisstik searah oleh suatu masalah yang disebabakanb
oleh penyebab tunggal. Secara terperinci
pendekatan sistem dalam diklat
bertujuannya untuk :
1. Menyediakan lingkungan fisik dan lingkungan emosional yang
mendukung proses pendidikan dan pelatihan berjalan secara
kondusif .
2. Mengetahui sejauh mana ke.berhasilan program dan proses
pendidikan dan pelatihan.
3. Menjamin pencapaian tujuan diklat secara efektif dan
efesien .
4. Mengembangkan kurikulum berdasarkan kebutuhan peserta
diklat
5. Perapan pendekatan sistem dalam kebutuhan nyata
dilapangan.
6. Menyiapkan secara cermat faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan program diklat.
sumber :
Anonimous,
2009. Modul bagi Pengelola Diklat, Lembaga Administrasi Negara RI, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar