Rabu, 09 Januari 2013

Pendekatan Sistem



Prof. Wagiono Ismagil, (1982) mengatakan : Pendekatan sistem  adalah suatu pendekatan analisis organisasi yang mempergunakan  ciri-ciri sistem  sebagai titik tolak analisis.
 Pendekatan sistem merupakan aplikasi dari sistem ilmiah dan manajemen.Pendekatan sistem dalam manajemen dirancang untuk memanfaatkan analisis ilmiah dalam suatu organisasi  yang kompleks.  
Pendekatan dilihat dari  pendidikan dan pelatihan  adalah cara yang  sistematis mengidentifikasi , mengembangkan dan mengevaluasi sekumpulan  bahan  dan strategi bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan yang khusus. Jadi  Pendakatan sistem adalah cara pandang atau cara berfikir menggunakan konsep-konsep sistem dalam memecahkan suatu masalah.

·       Tujuan Pendekatan Sistem
 Tujuan  pendekatan sistem dalam pendidikan dan pelatihan sistem adalan mengembangkan  mengelola operasi dan merancang bangun sistem dalam proses pengambilan keputusan.
Dengan dipergunakannya  metode ilmiah diharapkan dapat diketahui faktafakta yang mempengaruhi  perilaku dan keberhasilan suatu sistem. Metode ilmiah dapat menghindarkan manejer mengambil kesimpulan –kesimpulan yang sederhana dan simplisstik  searah oleh suatu masalah yang disebabakanb oleh penyebab tunggal.  Secara terperinci pendekatan sistem dalam diklat   bertujuannya untuk  :
1. Menyediakan lingkungan fisik dan lingkungan emosional yang
mendukung proses pendidikan dan pelatihan  berjalan secara
kondusif .
2. Mengetahui sejauh mana ke.berhasilan program dan proses
pendidikan dan pelatihan.
3. Menjamin pencapaian tujuan diklat secara efektif dan efesien .
4. Mengembangkan kurikulum berdasarkan kebutuhan peserta diklat
5. Perapan pendekatan sistem dalam kebutuhan nyata dilapangan.
6. Menyiapkan secara cermat faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan program diklat.


sumber :
Anonimous, 2009. Modul bagi Pengelola Diklat, Lembaga Administrasi Negara RI, Jakarta


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar